Tag meta adalah cara terbaik bagi para webmaster dalam memberikan
informasi mengenai situs mereka kepada mesin telusur. Tag meta dapat
digunakan untuk memberikan informasi ke semua jenis klien, dan setiap
sistem hanya memproses tag meta yang dipahaminya dan mengabaikan yang
lain. Tag meta ditambahkan ke bagian
<head>
laman HTML Anda dan umumnya tampak seperti ini:
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<meta charset="utf-8">
<meta name="Description" CONTENT="Author: A.N. Author, Illustrator: P. Picture, Category: Books, Price: £9.24, Length: 784 pages">
<meta name="google-site-verification" content="+nxGUDJ4QpAZ5l9Bsjdi102tLVC21AIh5d1Nl23908vVuFHs34="/>
<title>Example Books - high-quality used books for children</title>
<meta name="robots" content="noindex,nofollow">
Google memahami tag meta (dan item terkait) berikut:
<meta name="description" content="A description of the page" /> |
Tag ini memberikan deskripsi singkat mengenai laman terkait.
Dalam situasi tertentu, deksripsi ini digunakan sebagai bagian dari
cuplikan yang ditampilkan di hasil penelusuran. Informasi selengkapnya |
<title>The Title of the Page</title> |
Meski secara teknis bukan merupakan suatu tag meta, tag ini
kerap digunakan bersama dengan "deskripsi". Konten tag ini umumnya
tampak sebagai judul dalam hasil telusur (dan tentu saja dalam browser
pengguna). Informasi selengkapnya |
<meta name="robots" content="..., ..." />
<meta name="googlebot" content="..., ..." /> |
Tag meta ini dapat mengontrol perilaku perayapan dan pengindeksan mesin telusur. Tag meta robots
berlaku bagi semua mesin telusur, sementara tag meta "googlebot" khusus
untuk Google. Nilai standarnya adalah "index, follow" (sama dengan
"all") dan tidak perlu ditetapkan. Kami memahami nilai berikut ini (saat
menentukan banyak nilai, pisahkan dengan koma):
- noindex: mencegah laman diindeks
- nofollow: mencegah Googlebot mengikuti tautan dari laman ini
- nosnippet: mencegah kutipan ditampilkan dalam hasil penelusuran
- noodp: mencegah penggunaan alternatif deksripsi dari ODP/DMOZ
- noarchive: mencegah Google memperlihatkan tautan yang Tersimpan dalam cache untuk suatu laman.
- unavailable_after:[date]: memungkinkan Anda menentukan waktu
dan tanggal aktual untuk menghentikan perayapan dan pengindeksan laman
ini
- noimageindex:
memungkinkan Anda menentukan bahwa Anda tidak ingin laman muncul
sebagai laman perujuk untuk gambar yang muncul di hasil penelusuran
Google.
- none: setara dengan
noindex, nofollow .
Saat ini Anda dapat menentukan informasi ini pada judul laman
Anda menggunakan perintah judul HTTP "X-Robots-Tag". Ini sangat
bermanfaat terutama jika Anda ingin membatasi pengindeksan file non-HTML
seperti grafis atau jenis dokumen lainnya. Informasi selengkapnya tentang tag meta robot
|
<meta name="google" content="nositelinkssearchbox" /> |
Saat pengguna menelusuri situs Anda, hasil Google Penelusuran
terkadang menampilkan kotak telusur khusus untuk situs Anda, berserta
tautan langsung lainnya ke situs. Tag meta ini memberi tahu Google agar
tidak menampilkan kotak telusur tautan situs. Pelajari lebih lanjut
tentang kotak telusur tautan situs. |
<meta name="google" content="notranslate" /> |
Saat kami mengetahui bahwa konten laman tidak dalam bahasa
yang mungkin ingin dibaca oleh pengguna, kami kerap menyediakan tautan
ke terjemahan dalam hasil penelusuran. Secara umum, hal ini memberi Anda
peluang untuk membuat konten yang unik dan menarik bagi kelompok
pengguna yang lebih luas. Namun demikian, mungkin akan terjadi situasi
saat hal ini tidak diinginkan. Tag meta ini menginformasikan kepada
Google bahwa Anda tidak ingin kami memberikan terjemahan untuk laman
ini. |
<meta name="google-site-verification" content="..." /> |
Anda dapat menggunakan tag ini pada laman tingkat atas di
situs guna memverifikasi kepemilikan untuk Search Console. Perhatikan
bahwa meski nilai atribut "name" dan "content" harus sama persis dengan
apa yang diberikan kepada Anda (termasuk huruf besar dan huruf kecil),
tidak masalah apabila Anda mengubah tag dari XHTML ke HTML, atau bila
format tag cocok dengan format laman Anda. Informasi selengkapnya |
<meta http-equiv="Content-Type" content="...; charset=..." />
<meta charset="..." > |
Tag meta ini mendefinisikan jenis konten dan himpunan karakter
laman. Pastikan bahwa Anda mengurung nilai atribut isi dengan tanda
petik - bila tidak demikian atribut charset dapat ditafsirkan dengan
tidak benar. Sebaiknya gunakan Unicode/UTF-8 jika mungkin. Informasi selengkapnya |
<meta http-equiv="refresh" content="...;url=..." /> |
Tag meta ini mengantarkan pengguna ke URL baru setelah
beberapa waktu tertentu, dan terkadang digunakan sebagai bentuk
pengalihan sederhana. Namun demikian, hal ini tidak didukung oleh semua
jenis browser dan dapat membingungkan pengguna. W3C tidak menyarankan penggunaan tag ini. Kami menyarankan penggunaan pengalihan sisi server 301 sebagai gantinya. |
Poin penting lain yang perlu diperhatikan:
- Google bisa membaca baik tag meta gaya HTML dan XHTML, tanpa memperhatikan kode yang digunakan pada laman.
- Dengan pengecualian terhadap
verify
, umumnya huruf besar-kecil bukan hal penting dalam tag meta.
Ini bukan merupakan daftar eksklusif dari tag meta yang tersedia, dan
Anda bebas menggunakan tag meta yang tidak tercantum bila penting bagi
situs Anda. Ingat bahwa Google akan mengabaikan tag meta yang tidak
dikenalnya.