JADWAL IMSAKIYAH 1441 H/2020 M PROVINSI JAWA TENGAH
Kivandanu adalah blog yang menyajikan perpaduan unik antara teknologi modern dan kearifan lokal. Dapatkan informasi terkini seputar perkembangan teknologi dan AI, analisis tajam mengenai dinamika geopolitik global, serta wawasan mendalam tentang spiritualitas Jawa, termasuk primbon, weton, dan koleksi pribadi lainnya. Selain itu, temukan berbagai tips dan trik menarik untuk kehidupan sehari-hari.
Jumat
JADWAL IMSAKIYAH 1441 H/2020 M PROVINSI JAWA TENGAH
JADWAL IMSAKIYAH 1441 H/2020 M PROVINSI JAWA TENGAH
Senin
Update Covid 19: Laporan Hoax dan Sosialisasi Aplikasi Peduli Lindungi ,...
Update Covid 19: Laporan Hoax dan Sosialisasi Aplikasi Peduli Lindungi ,...
Rabu
Sabtu
Minggu
HIZIB NASHR
JALUR KETURUNAN.
Beliau adalah seorang sufi yang mempunyai nama lengkap Abul Hasan Ali bin Abdullah bin Abdul Jabar yang banyak dikenal orang dengan nama al Syazili, beliau dilahirkan di Ghammarah Moroko pada tahun 593 H. Sebutan Al Syazili bagi bagi dirinya karena beliau banyak menempuh kehidupannya untuk memperdalam ilmunya di daerah Syazili.
KEHIDUPAN AL SYAZILI.
Abul Hasan Al Syazili masih mempunyai hubungan keturunan dengan Rasulullah melalui Fatimah al Zahra, dan dari keturunan yang bagus itu sudah Nampak pada diri Al Syazili sejak usia muda sampai tua, dengan budi pekerti yang terpuji hidup sederhana dan suci sepanjang hayatnya.
Pada awal masa kecilnya beliau sudah dibekali oleh orang tuanya dasar-dasar agama kemudian juga mendapat bekal pendidikan dari guru kerohaniannya yang bernama Abdul Salam bin Masyisy seorang ulama’ besar dari Maroko. Setelah dibekali ilmu yang cukup oleh gurunya lalu beliau dikirim oleh gurunya pergi ke Tunisia dan tinggal di Syazilia.
Abul Salam Al Masyisy, memandang ada kelebihan dan keistimewaan yang Nampak pada diri Al Syazili, sehingga dikirimlah beliau di Tunisia untuk mengembangkan ilmu yang telah dimiliki. Namun perintah gurunya ini tidak diketahui alasannya, mengapa mengirim Al Syazili ke Tunisia, tapi sebagai murid yang taat pada gurunya beliau melaksanakan perintah gurunya yang sangat dicintainya.
Kepergian beliau ke Syazili ini merupakan awal dari pengembaraannya, karena setelah lama, beliau tinggal di Syazilia kemudian beliau pindah ke Mesir dan tinggal di Iskadariyah sampai meninggal dunia.
Ilmu-ilmu yang dimiliki oleh Syazili banyak diperoleh ketika beliau tinggal di Tunisia, karena ditempat ini beliau banyak bertemu dengan para ulama’ terkenal dan melakukan diskusi dengan ilama’-ulama’ yang ditemui. Kedatangan beliau di Syazili ini mendapat sambutan yang luar biasa dan setiap hari mereka selalu mengerumuni al Syazili. Untuk menghindari kerumunan penggemarnya, maka beliau ditemani oleh Syekh Abu Muhammad Abdullah bin Salamah al Habibi untuk mengasingkan diri di daerah pegunungan yang bernama Zagwan. Dan di daerah ini beliau mengkhususkan diri dengan beribadah, membersihkan jiwa, menyatukan kehendak dan kemampuan untuk mendekatkan diri kepada Allah.
Setelah beliau berkhalwat dari Gunung Zagwan tersebut, lalu beliau kembali ke tengah-tengah masyarakat untuk menyampaikan dakwah dan pelajaran. Namun kembalinya al Syazili ketengah-tengah, masyarakat ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para sufi dan para pejabat pemerintah. Namun dari kalangan pejabat ini beliau banyak mendapat tantangan karena adanya fitnah dari ulama’ fiqh, namun beliau selalu terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak dikehendaki. Setelah mendapat tantangan dan fitnah dari ahli fiqh, akhirnya beliau memutuskan untuk pindah ke Mesir dan menetap di Iskandariyah.
Selama tinggal di Tunisia, beliau banyak berdiskusi dan berdialog dengan tokoh sufi, seperti Syekh Abul Hasan Ali Ibnu Makhiuf al Suazli Abu Abdullah al Shabuni Abu Muhammad Abdul Aziz al Paituni, Abu Abdillah at Binai at rayyah dan Abu Abdillah al Jarihi.
Disamping beliau banyak berdialog dengan para ulama’ beliau juga mendirikan majlis pengajian yang banyak dihadiri oleh para ulama’ diantara para ulama yang hadir dalam majlis pengajiannya adalah Izzudin bin Abdul Salam, Taqyyudin ibnu Daqiqiid, Abut Adzim al Munziri, Ibnu Shaleh, Ibnu Hajib, Jamaluddin Usfur, Nabihuddin bin Auf, Muhyiddin bin Suradah, Ibnu Yasin dan lain-lain
KEISTIMEWAAN AL SYAZILI.
Sebagai seorang sufi ada beberapa kelebihan dan keistimewaan yang dimiliki oleh Al Syazili, diantaranya adalah :
1. Sebagai seorang yang mempunyai jalur keturunan dengan Rasulullah, ada beberapa titisan warisan yang ada pada diri Al Syazili, diantaranya kewalian. Syazili sudah Nampak dan diraskan oleh gurunya, sehingga beliau dikirim ke Tunisia.
2. Beliau pernah bermimpi bertemu Rasulullah dan diperintah untuk pindah ke Mesir membina 40 orang wali yang sedang menunggu kedatangannya. Akhirnya mimpi tersebut dilaksanakan dan beliau pindah dari Tunisia ke Mesir dan tinggal di Iskandariyah.
POKOK-POKOK PIKIRAN AL SYAZILI.
Ada beberapa pokok pikiran yang dikembangkan Al Syazili, diantaranya adalah :
1. Seseorang yang ingin mendalami ajaran Tasawuf, maka harus terlebih dahulu mendalami dan memahami ajaran Syari’ah.
2. Pelajaran tasawuf Al Syazili yang diajarkan kepada murid-muridnya diambil dari 7 kitab yang penting diantaranya adalah :
a. Kitab Khatam al auliyah karya al Hakim al Tarmizi, kitab ini banyak menguraikan tentang masalah kewalian (wilayat) dan kenabian (nubuwwat).
b. Kitab al Mawaqiif Wa al Mukhatabah karya Syekh Muhammad bin Abdul Jabbat an Niffari. Menurut pengarangnya kitab ini ditulis berkat pemberian Tuhan tatkala pengarangnya sedang berkhalwat (menyendiri untuk mendekatkan diri kepada Allah). Dan kitab ini juga menguraikan tentang kerinduan seorang sufi kepada Tuhannya.
c. Kitab Qutub Qulub karya abu thalib al Makki. Kitab ini ditulis menurut acuan syara’ dengan uraian-uraian dan pandangan-pandangan sufi hingga syariat dan hakikat sejalan dan bersatu.
d. Kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al Ghazali. Kitab ini ditulis dengan memadukan antara syariah dan tasawuf.
e. Kitab At Syifa’ karya Qadhi ‘Iyadh. Kitab ini oleh al Syazili dipergunakan untuk mengambil berkah dan juga mengambil sumber syarah-syarah dengan melihat tasawuf dari sudut pandang ahli fiqh.
f. Kitab Ar Risalah karya Imam Qusyairi. Kitab ini dipergunakan oleh Al Syazili sebagai permulaan dari dalam pengajaran tasawufnya.
g. Kitab Ar Muharrar al Wajiz. Karya Ibnu Athiah. Kitab ini diuraikan oleh Syazili untuk melengkapi pengetahuan dalam pengajian.
3.Tasawuf adalah latihan-latihan jiwa dalam rangka beribadah dan menempatkan sesuai dengan ketentuan-ketentuan Ilahi.
Wafatnya Al Syazili.
Beliau meninggal dunia di Iskadariyah pada tahun 656 H.
===================================================
DOA HIZIB NASHR
Pendahuluan : Sebelum membaca Hizib Nashr, hendaknya membaca bacaan berikut ini :
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ
الرَّحِيمِ. تَحَصَّنْتُ بِذِى الْمُلْكِ وَالْمَلَكُوتِ, وَاعْتَصَمْتُ بِذِى
الْعِزَّةِ وَالْجَبَرُوتِ, وتَوَكَّلْتُ عَلَى الْمُلْكِ الْحَيِّ الْقَيُّومِ
الحَلِيْمِ الَّذِى لاَ يَنَامُ وَلاَ يَمُوتُ, دَخَلْتُ فِى حِرْزِ اللهِ,
دَخَلْتُ فِى حِفظِ اللهِ, وَ دَخَلْتُ فِى أَمَانِ اللهِ, بِحَقِّ كهيعص كُفِيْتُ,
وبحمعسق حُمِيْتُ, وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ العَلِيِّ
العَظِيْمِ.
Tahash-shantu
bidzil mulki walmalakuut, wa’ta-shamtu bidzil ‘izzati wal jabaruut,
watawakkaltu ‘alal malikil hayyil qayyuumil haliimil ladzii laa yanaamu walaa
yamuut, dakhaltu fii hirzillaah, dakhaltu fii hifzhillaah, wa dakhaltu fii
amaa-nillaah, bihaqqi kaaf haa yaa ‘aiin shaad kufiitu, wabi haa miim ‘aiin
siin qaaf humiitu, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.
“Dengan menyebut asma’ Allah
Yang Maha Penyayang lagi Maha Pengasih. Aku berbenteng kepada Tuhan Yang
memiliki kerajaan dan kekua-saan; aku berpegangn teguh pada Yang memiliki
kemuliaan dan kekuasaan; aku bertakawakkal kepada Sang Raja Yang Hidup Abadi
lagi Terus Menerus mengurus makhluk-Nya, Yang Maha Penyantun, Yang tak pernah
tidur dan tidak mengenal mati. Aku masuk kedalam penjagaan Allah. Aku masuk
kedalam Pemeliharaan Allah. Aku masuk kedalam Penga-manan Allah. Berkat
kebenaran kaaf haa yaa ‘aiin shaad aku
dijaga dan berkat haa miim ‘aiin siin
qaaf akudilindungi. Tiada daya dan tiada
kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.
BACAAN HIZIB NASHR :
وَقَالَ مُوسَى إِنِّي عُذْتُ
بِرَبِّي وَرَبِّكُمْ مِنْ كُلِّ مُتَكَبِّرٍ لاَ يُؤْمِنُ بِيَوْمِ الْحِسَابِ.
اللّهُمَّ بِسَطْوَةِ جَبَرُوتِ قَهْرِكَ, وَبِسُرْعَةِ إغَاثَةِ نَصْرِكَ,
وَبِغَيْرَتِكَ ِلانْتِهَاكِ حُرْمَاتِكَ,
وَبِحِمَايَتِكَ لِمَنِ احْتَمَى بِآيَاتِكَ, نَسْئَلُكَ يَا أللهُ يَا أللهُ يَا
أللهُ يَا سَمِيْعُ يَاقَرِيْبُ
يَامُجِيْبُ يَاسَرِيْعُ, يَامُنْتَقِمُ
يَاقَهَّارُ, يَاشَدِيْدَ الْبَطْشِ يَاجَبَّارُ, يَاعَظِيْمَ الْقَهْرِ, يَامَنْ
لاَيُعْجِزُهُ قَهْرُالجَبَابِرَةِ, وَلاَ
يَعْظُمُ عَلَيْهِ هَلاَكُ الْمُتَمَرِّدَةِ, مِنَ الْمُلُوْكِ وَاْلأَكَاسِرَةِ,
وَاْلأَعْدَاءِ الْفَاجِرَةِ, أَسْئَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ
كَيْدَ مَنْ كاَدَنَا فِى نَحْرِهِ, وَمَكْرَ مَنْ مَكَرَ بِنَا عَائِدًا
عَلَيْهِ, وَحُفْرَةَ مَنْ حَفَرَلَنَا
حُفْرَةً وَاقِعًا فِيْهَا, وَمَنْ
نَصَبَ لَنَا شَبَكَةَ الْخِدَاعِ, اِجْعَلْهُ يَاسَيِّدِى مُسَاقًا
إِلَيْهَا, وَمُصَادًا فِيْهَا وَأَسِيْرًا لَدَيْهَا.
Waqaala
muusaa innii ‘udztu birabbii warab-bikum min kulli mutakabbirin laa yukminu
biyaumil hisaab. Alloohumma bisathwati jaba-ruuti qahrik, wabisur’ati
ighaa-tsati nashrik, wabighairatika lintihaaki hurumaa-tik, wabihi-maayatika
limanih-tamaa bi aayaatik, nas-aluka yaa Allooh, yaa Allooh, yaa Allooh, yaa
samii’u yaa qariibu yaa mujiibu yaa sarii’u yaa muntaqimu yaa qahhaar, yaa
syadiidal bathsyi yaa jabbaar, yaa ‘azhiimal qahri yaa man laa yu’jizuhuu
qahrul jabaabirah, walaa ya’zhumu ‘alaihi halaakul mutamarridah, minal muluuki
wal akaasirah, wal a’daa-il faajirah. As-aluka antaj’ala kaida man kaadanaa fii
nahrih, wa makra man makara binaa ‘aa-idan ‘alaiih, wahufrata man hafara lanaa
hufratan waaqi’an fiihaa, waman nashaba lanaa syabakatal khi-dzaa’, ij’al-hu
yaa sayyidii musaaqan ilaihaa, wamushaadan fiihaa wa asiiran ladaihaa.“Dan Musa berkata: "Sesungguhnya aku berlindung kepada Tuhanku dan Tuhanmu dari setiap orang yang menyombongkan diri yang tidak beriman kepada hari berhisab". (QS al-Mukmin : 27).
Yaa Allah! Ddengan perantaraan kekuatan kekua-saan penaklukan-Mu; dengan perantaraan kece-patan datangnya pertolongan-Mu; dengan peranta-raan kecemburuan-Mu bagi pelanggaran terhadap larangan-larangan-Mu; dengan perantaraan perlin-dungan-Mu terhadap orang yang memohon perlindungan dengan ayat-ayat-Mu, kami memohon kepada-Mu, Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah, Yaa Sami’ (Wahai Yang Maha Mendengar), Ya Qariib (Maha Dekat), Ya Mujib (Pengabul doa), Ya Sari’ (Maha Cepat), Ya Muntaqimu (Penuntut Balas), ya Qahhar (Maha Perkasa), wahai Yang Keras siksaan-Nya, wahai Maha Kuasa, wahai Yang Agung penundukan-Nya, wahai Dzat Yang penaklukan para penguasa tidak mampu melumpuhkan-Nya dan tidak sulit atas-Nya menghancurkan orang yang durhaka dari kalangan para raja, kaisar dan musuh yang kurangajar. Aku memohon kepada-Mu, kiranya Engkau jadikan persekongkolan orang yang bermaksud jahat kepada kami mengakibatkan ia terbantai sendiri, (jadikan) kemakaran orang yang makar kepada kami kembali kepada dirinya, (Jadikan) galian orang yang menggali lubang untuk kami membuatnya jatuh sendiri kedalamnya. Dan orang yang memasang jaring tipuan kepada kami, jadikan ia, wahai Tuhanku, terjerumus kedalamnya, binasa didalamnya dan menjadi tawanannya.
اللَّهُمَّ بِحَقِّ كهيعص
كهيعص كهيعص إِكْفِنَا هَمَّ الْعِدَا, وَلَقِّهِمُ الرَّدَى, وَاجْعَلْهُمْ
لِكُلِّ حَبِيْبٍ فِدَا, وَسَلِّطْ عَلَيْهِمْ عَاجِلَ النِّقْمَةِ فِى الْيَوْمِ
وَاْلغَدَا,
Alloohumma
bihaqqi kaaf haa yaa ‘aiin shaad, kaaf haa yaa ‘aiin shaad, kaaf haa yaa ‘aiin
shaad, ikfinaa hammal ‘idaa, walaqqihimur-radaa, waj’alhum likulli habiibin
fidaa, wasallith ‘alaihim ‘aajilan-niqmati fil yaumi wal ghadaa.Ya Allah! Berkat kebenaran Kaaf haa yaa ‘aiin shad (3x) tolonglah kami dari maksud/rencana musuh. Lemparkan mereka kedalam kebinasaan. Jadikan mereka sebagai korban bagi setiap orang yang dicintainya. Kuasakan atas mereka segera menda-patkan balasan pada hari ini dan esok.
اللّهُمَّ بَدِّدْ شَمْلَهُمْ
وَفَرِّقْ جَمْعَهُمْ, اللّهُمَّ أَقْلِلْ عَدَدَهُمْ, اللّهُمَّ فُلَّ حَدَّهُمْ,
اللّهُمَّ أجْعَلِ الدَّائِرَةِ عَلَيْهِمْ, اللّهُمَّ أَرْسِلِ الْعَذَابَ
إِلَيْهِمْ,
Alloohumma
baddid syamlahum wafarriq jam’a-hum. Alloohumma aqlil ‘adadahum. Alloohumma
fulla haddahum. Alloohummaj’alid-daa-irata ‘alai-him. Alloohumma arsilil
‘adzaaba ilaihim.Ya Allah! Cerai beraikan persatuan mereka dan pisah-pisahkan jamaah/organisasi mereka. Ya Allah! Sedikitkan jumlah mereka. Ya Allah! Buatlah batas-batas (barisan) mereka menjadi kocar kacir. Ya Allah! Jadikan lingkaran/melapetaka atas mereka. Ya Allah! Turunkan azab siksaan kepada mereka.
اللَّهُمَّ أَخْرِجْهُمْ عَنْ
دَائِرَةِ الْحِلْمِ وَاللُّطْفِ, وَاَسْلُبْهُمْ مَدَدَ اْلإِمْهَالِ, وَغُلَّ
أَيْدِيَهُمْ إِلَى أَعْنَاقِهِمْ, وَارْبُطْ عَلَى قُلُوبِهِمْ, وَلاَ
تُبَلِّغْهُمُ اْلآمَالَ,
Alloohumma
akhrijhum ‘an daa-iratil hilmi walluthfi, waslubhum madadal imhaali, waghulla
aidiyahum ilaa a’naaqihim, warbuth ‘alaa qu-luubihim, walaa tuballighhumul
aamaal.Ya Allah!Usirlah mereka dari kawasan sifat Penyantun dan Kelamahlembutan-Mu. Rampaslah dari mereka bantuan keramahan. Kuncilah tangan-tangan mereka pada leher-lehernya dan ikatlah pada hati-hati mereka, serta jangan sampaikan/sukseskan angan-angan mereka.
اللَّهُمَّ قَلِّبْ تَدْبِيْرَهُمْ, وَقَرِّر تَدْمِيْرَهُمْ, وَاقْطَعْ دَابِرَهُمْ, وَخُذْهُمْ أَخْذَ عَزِيْزٍ مُقْتَدِرٍ,
Alloohumma
qallib tadbiirahum, waqarrir tadmii-rahum, waqtha’ daabirahum, wakhudz-hum
akh-dza ‘aziizin muqtadir.Ya Allah! Ubahlah langkah mereka, tentukan penghancuran terhadap mereka, berantaslah mereka, dan siksalah mereka dengan siksaan yang sangat pedih.
اللّهُمَّ مَزِّقْهُمْ كُلَّ
مُمَزَّقٍ مَزَّقْتَهُ لأَعْدَائِكَ, إِنْتِصَارًا ِلأَنْبِيَائِكَ وَرُسُلِكَ
وَأَوْلِيَائِكَ,
Alloohumma
mazziqhum kulla mumazzaqin mazzaqtahuu li-a’daa-ika, intishaaran li-anbiyaa-ika
warusulika wa auliyaa-ika.Ya Allah! Cabik-cabiklah mereka, sebagaimana Engkau mencabik-cabik para muruh-Mu untuk membantu para Nabi, Rasul dan auliya’-Mu.
اَللَّهُمَّ انْتَصِرْلَنَا
اِنْتِصَارَكَ ِلأَحْبَابِكَ عَلَى
أَعْدَائِكَ (3×).
Alloohummantashir
lanantishaaraka li-ahbaabi ka ‘alaa a’daa-ika (Dibaca 3 x).Ya Allah! Menangkanlah kami, seperti kemenangan yang Engkau berikan kepada para kekasih-Mu.
اللَّهُمَّ لاَ تُمَكِّنِ
اْلأَعْدَاءَ فِيْنَا وَلاَمِنَّا, وَلاَ تُسَلِّطْهُمْ عَلَيْنَا بِذُنُوبِنَا
(3×),
Alloohumma
laa tumakkinil a’daa-a fiinaa walaa minnaa, walaa tusallith-hum ‘alainaa
bidzunuu-binaa (Dibaca 3 x).Ya Allah! Jangan Engkau kokohkan para musuh pada kami dan dari kami dan jangan Engkau berikan kekuasaan pada mereka untuk menguasai kami disebabkan dosa-dosa kami.
حم حم حم حم حم حم حم. حُمَّ
اْلأَمْرُ وَجَاءَ النَّصْرُ فَعَلَيْنَا لاَ يُنْصَرُونَ (7×).
Haamiim,
Haamiim, Haamiim, Haamiim, Haa-miim, Haa miim, Haa miim. Hummal-amru wa jaa-annashru fa’alainaa laa
yunsharuun (7x).Haa miim (7x). Telah ditakdirkan suatu urusan dan telah datang pertolongan, sehingga mereka tidak mampu mengalahkan kami.
حمعسق حِمَايَتُنَا مِمَّا
نَخَافُ, اَللَّهُمَّ بِحَقِّ طَهَ وَقَافِ, وَسُورَةِ اْلأَحْقَافِ, بِلُطْفِكَ
يَاخَفِيَّ اْلأَلْطَافِ, نَجِّنَا مِمَّا نَخَافُ,
Haa
miim ‘aiin siin qaaf himaayatunaa mimmaa nakhaafu. Alloohumma bihaqqi thaahaa
wa qaaf wa suuratil-ahqaaf, biluthfika yaa khafiyyal al-thaaf, najjinaa mimmaa
nakhaaf.Haa miim ‘aiib siin qaaf adalah perlindungan kami dari apa saja yang kami takuti. Ya Allah! Berkat Thaha, Qaf dan surat al-Ahqaf, berkat kelemah-lembutan-Mu, wahai Yang Samar kelemah lembutannya, Selamatkan kami dari apa saja yang kami takuti.
اللّهُمَّ قنِاَ شَرَّ
اْلأَسْوَى, وَلاَ تَجْعَلْنَا مَحَلاًّ لِلْبَلْوَى, اللّهُمَّ أَعْطِنَا أَمَلَ
الرَّجَاءِ وَ فَوْقَ اْلأَمَلِ,
Alloohumma
qinaa syarral aswaa, walaa taj’a-lnaa mahallan lilbalwaa. Alloohumma a’thinaa
amalar-rajaa-i wafauqal amal.Ya Allah Lindungi kami dari kejahatan yang paling buruk dan jangan Engkau jadikan kami sebagai tempat sasaran balak-bencana. Ya Allah! Anugerahilah kami pengharapan dan di atas harapan.
يَاهُوَ يَاهُوَ يَاهُوَ,
يَامَنْ بِفَضْلِهِ لِفَضْلِهِ نَسْئَلُكَ, إِلَهِى الْعَجَلَ الْعَجَلَ
الْعَجَلَ, إِلَهِى اْلإِجَابَةَ
اْلإِجَابَةَ اْلإِجَابَةَ,
Yaa
huu, Yaa huu, Yaa huu, Yaa man bifadhlihii lifadhlihii nas-al, ilaahil’ajalal
‘ajal, ilaahil ijaabatal ijaabatal ijaabah.Wahai Dia, wahai Dia, wahai Dia! Wahai Dzat yang dengan kelebihan-Nya bagi kelebihan-Nya, kami memohon, wahai Tuhanku, segera (kabulkan), segera (kabulkan), segera (kabulkan). Tuhanku, semoga terkabul, semoga terkabul, semoga terkabul.
يَامَنْ أَجَابَ نُوحًا فِى
قَوْمِهِ, يَامَنْ نَصَرَ إِبْرَاهِيْمَ عَلَى أَعْدَائِهِ, يَامَنْ رَدَّ يُوسُفَ
عَلَى يَعْقُوبَ, يَامَنْ كَشَفَ الضُّرَّ عَنْ أَيُّوبَ, يَامَنْ أَجَابَ
دَعْوَةَ زَكَرِيَّا, يَامَنْ قَبِلَ تَسْبِيْحَ يُونُسَ ابْنِ مَتَّى,
Yaa
man ajaaba nuuhan fii qaumih. Yaa man nashara Ibraahiima ‘alaa a’daa-ih. Yaa
man radda yuusufa ‘alaa ya’quub. Yaa man kasyafadh-dhurru ‘an ayyuub. Yaa man
ajaaba da’wata zakariyyaa. Yaa man qabila tasbiiha yuunusabni matta. Wahai Dzat Yang mengabulkan doa Nabi Nuh dalam masalah kaummnya. Wahai Tuhan Yang menolong Nabi Ibrahim atas para musuhnya. Wahai Tuhan Yang mengembalikan Nabi Yusuf kedalam pangkuan Nabi Ya’qub. Wahai Tuhan Yang menghilangkan penderitaan (bahaya) dari Nabi Ayyub. Wahai Tuhan Yang mengabulkan doa Nabi Zakariyya. Wahai Tuhan Yang menerima tasbihnya Nabi Yunus bin Matta.
نَسْئَلُكَ اللَّهُمَّ
بِأَسْرَارِ أَصْحَابِ هَذِهِ الدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَاتِ, أَنْ تَتَقَبَّلَ
مِنَّا مَابِهِ دَعَوْنَا, وَأَنْ تَعْطِيَنَا مَاسَأَلْنَاكَ, أَنْجِزْ لَنَا
وَعْدَكَ الَّذِى وَعَدْتَهُ لِعِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ, بِالنَّصْرِ وَالظَّفَرِ
وَالْفَتْحِ الْمُبِيْنَ, لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتَ
مِنَ الظَّالِمِيْنَ,
Nas-alukalloohumma
bi-asraari ashhaabi haadzihid-da’awaatil musta-jaabaat, an tataqab-bala minnaa
maa bihii da’aunaaka, wa an tu’thiyanaa maa sa-alnaaka, anjiz lanaa
wa’dakalladzii wa’adtahuu li’ibaa-dikas-shaali-hiin, binnashri wazh-zhafari
walfat-hil mubiin. Laa ilaaha illaa anta sub-haanaka innii kuntu
minazh-zhaalimiin.Kami memohon kepada Engkau, Ya Allah, dengan perantaraan berbagai rahasia para pendoa yang terkabul tersebut, kiranya Engkau menerima dari kami apa saja yang kami mintakan kepada-Mu dan kiranya Engkau memberikan kepada kami apa saja yang kami mohonkan kepada-Mu. Wujudkan untuk kami janji-Mu yang telah Engkau janjikan kepada para hamba-Mu yang shalih, janji berupa bantuan, pertolongan dan kemenangan yang gemilang. Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Aku sungguh termasuk golongan orang-orang yang zhalim.
إِنْقَطَعَتْ آمَالُنَا
وَعِزَّتِكَ إلاَّ مِنْكَ, وَخَابَ رَجَاؤُنَا وَحَقِّكَ إلاَّ فِيْكَ (3×)
Inqatha’at
aamaalunaa wa’izzatika illaa minka, wakhaaba rajaa-unaa wahaqqika illaa fiika
(3 x).Terputus angan-angan kami, Demi Kemuliaan-Mu, selain yang berasal dari-Mu. Gagal harapan kami, Demi Hak-Mu, selain yang ada pada-Mu.
إِنْ أَبْطَأَتْ غَارَةَ اْلأَرْحَامِ
وَابْتَعَدَتْ *
فَأَقْرَبُ الشَّيْئِ مِنَّاغـَارَةُ الَّلهِ
In
abtha-at ghaaratul arhaami wabta’adat * Fa-aqrabus-syai-i minna ghaaratulloohJika terlambat dan menjadi jauh pasukan kerabat, maka sesuatu yang paling dekat dari kami adalah pasukan Allah.
يَاغَارَةَ اللهِ جِدِّى
السَيْرَ مُسْرِعـَةً *
فىِ حَلِّ عُقْدَتِنَا يَاغَـارَةَ اللهِ
عَدَتِ الْعَـادُونَ
وَجـــَارُوا *
وَرَجــَوْنَا اللهَ مُجِــيْرًا
وَكَــــفَى بِاللهِ
وَلِـــيًّا *
وَكَـــفَى بِاللهِ نَصِـيْرًا
Yaa
ghaaratalloohi jiddis-saira musri’atan * Fii halli ‘uqdatinaa yaa
ghaaratallooh.‘Adatil ‘aaduuna wajaaruu * Warajaunallooha mujiiraa.
Wakafaa billaahi waliyyaa * Wakafaa billaahi nashiiraa.
Wahai Pasukan Allah, bergegas-gegaslah bergerak secara cepat, didalam mengurai tali simpul kami, wahai pasukan Allah
Telah kembali dan berlari orang-orang yang kembali, dan kami berharap kepada Allah sebagai orang yang lari.
Cukuplah Allah sebagai Pelindungku. Dan cukup Allah sebagai Penolongku.
يَاوَاحِدُ يَاعَلِىُّ
يَاحَلِيْمُ, وَحَسْبُنَا الَّلهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ, وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ
إِلاَّ بِالَّلهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ, سَلاَمٌ عَلَى نُوحٍ فِى الْعَالَمِيْنَ,
إِسْتَجِبْ لَنَا آمِيْن آمِيْن آمِيْن.
Yaa
waahidu yaa ‘aliyyu yaa haliimu, hasbunalloohu wani’mal wakiil. Walaa haula
walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim. Salaamun ‘alaa nuhin fil
‘aalamiin. Istajib lanaa aamiin aamiin aamiin.Wahai Yang Maha Esa, wahai Yang Maha Tinggi, wahai Yang Maha Penyantun! Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung. Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah. Salam sejahtera atas Nabi Nuh di alam semesta. Kabulkan doa kami. Amin. Amin. Amin
فَقُطِعَ دَابِرُ الْقَوْمِ
الَّذِينَ ظَلَمُوا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. وَصَلىَّ اللَّهُ عَلىَ
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ
الْمُرْسَلِيْنَ, وَعَلَىآلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.
Faquthi’a
daabiral qaumilladziina zhalamuu fa-ashbahuu laa yuraa illaa masaakinuhum,
walham-dulillaahi rabbil ‘aalamiin. Wa shallalloohu ‘alaa sayyidinaa muhammadin
sayyidil mursaliin, wa’alaa aalihii washahbihii ajma’iin.Maka orang-orang yang zalim itu dimusnahkan sampai ke akar-akarnya. Sehingga jadilah mereka tidak diperlihatkan selain tempat-tempat tinggal mereka Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
Semoga Allah melimpahkan rahma ta’zhim kepada junjungan kami, Muhammad yang menjadi penghulu para Rasul, beserta keluarga dan sahabatnya seluruhnya.
اللّهُمَّ أَنْتَ تَعْلَمُ
أَعْدَائَنَا عَدَدًا, فَبَدِّدْ شَمْلَهُمْ بِدَدًا, وَلاَ تُبْقِ مِنْهُمْ
أَحَدًا, إِنَّكَ أَنْتَ الْبَاقِى سَرْمَدًا.
Alloohumma
anta ta’lamu a’daa-anaa ‘adadaa, fabaddid syamlahum bidadaa, wala tubqi minhum
ahadaa, innaka antal baaqii sarmadaa.Ya Allah! Engkau mengetahui pusuh-musuh kami berbilang-bilang, cerai beraikan persatuan mereka dengan sungguh-sungguh dan jangan Engkau sisakan dari mereka seorang pun, karena Engkau adalah Dzat Yang Maha Kekal abadi.
وَمَكَرُوا مَكْرًا
وَمَكَرْنَا مَكْرًا وَهُمْ لاَ يَشْعُرُونَ. فَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ
مَكْرِهِمْ أَنَّا دَمَّرْنَاهُمْ وَقَوْمَهُمْ أَجْمَعِينَ. فَتِلْكَ بُيُوتُهُمْ
خَاوِيَةً بِمَا ظَلَمُوا.
Wamakaruu
makran wamakarnaa makran wa hum laa yasy’uruun. Fanzhur kaifa kaana ‘aaqi-batu
makrihim annaa dammarnaahum wa qauma-hum ajma’iin. Fatilka buyuutuhum
khaawiyatan bimaa zhalamuu. Dan merekapun merencanakan makar dengan sungguh-sungguh dan Kami merencanakan makar (pula), sedang mereka tidak menyadari. Maka perhatikanlah betapa sesungguhnya akibat makar mereka itu, bahwasanya Kami membinasakan mereka dan kaum mereka semuanya. Maka itulah rumah-rumah mereka dalam keadaan runtuh disebabkan kezaliman mereka. (QS an-Naml : 50).
تُدَمِّرُ كُلَّ شَيْءٍ
بِأَمْرِ رَبِّهَا فَأَصْبَحُوا لاَ يُرَى إِلَّا مَسَاكِنُهُمْ .
Tudammiru
kulla syai-in bi-amrirabbihaa fa-ashbahuu laa yuraa illaa masaakinuhum. Yang menghancurkan segala sesuatu dengan perintah Tuhannya, maka jadilah mereka tidak ada yang kelihatan lagi kecuali (bekas-bekas) tempat tinggal mereka. (QS al-Ahqaf : 25).
فَهَلْ تَرَى لَهُمْ مِنْ
بَاقِيَةٍ. وَهِيَ خَاوِيَةٌ عَلَى عُرُوشِهَا. فَقُطِعَ دَابِرُ الْقَوْمِ
الَّذِينَ ظَلَمُوا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
Fahal
taraa lahum min baaqiyah. Wahiya khaawiyatun ‘alaa ‘uruu-syihaa. Faquthi’a
daabirul qaumilladziina zhalamuu walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.Maka kamu tidak melihat seorangpun yang tinggal di antara mereka. (QS al-Haaqqah : 8).
Maka orang-orang yang zalim itu dimusnahkan sampai ke akar-akarnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. (QS al-An’am : 45).
PENJELASAN :
Hizib di atas dibaca sekali atau tiga kali setelah sebelumnya didahului membaca hasbanah: Hasbunalloohu wa ni’mal wakiil sebanyak 450 x.
Jika menghadapi problem atau masalah yang serius, penting dan mendesak, Hizib di atas dapat dibaca sampai 41 kali, setelah sebelumnya membaca Hasbanah sepeerti di atas.
Demikian pula sewaktu menghadapi persoalan dan urusan sangat penting, serius dan mendesk, bacalah Hasbanah 100x, lalu membaca hizib Nashr 3x, lalu membaca Hasbanah lagi 100 x, diteruskan bacaan hizib 3 x. Begitu seterusnya sampai Hasbanah dibaca sebanyak 1000 x dan Hizib menjapai jumlah 30 x.
Sebelum mengamalkan hizib ini, hendaknya didahului dengan bacaan : 1) Istighfar, 2) Shalawat Nabi
________________________________
*) Teks Doa diambil dari kitab asli berbahasa arab : "Khulashoh Syawariq al-Anwar" (KSA), tulisan Prof. DR. Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Al-Hasani
Kamis
Doa Pembuka Ilmu, Ijazah dari Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur
Doa pembuka ilmu, ijazah dari Prof. Dr. KH. Abdul Ghofur, pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat. Paciran Lamongan.
Adapun doa pembuka ilmu ini, bisa dilihat pada kalimat berikut ini :
يَامَنْ هُوَ فِيْ عُلُوِّهِ كَائِنٌ - يَامَنْ هُوَ فِيْ عِلْمِهِ مُحِيْطٌ
يَامَنْ هُوَ فِيْ عِزِّهِ لَطِيْفٌ - يَامَنْ هُوَ فِيْ لُطْفِهِ شَرِيْفٌ
يَامَنْ هُوَ فِيْ فِعْلِهِ حَمِيْدٌ - يَامَنْ هُوَ فِيْ ذَاتِهِ قَائِمٌ
يَامَنْ هُوَ فِيْ مَجْدِهِ مُنِيْرٌ - يَامَنْ هُوَ فِيْ عَطَائِهِ كَثِيْرٌ
اللّٰهُمَ اَكْرِمْنَا مِنْكَ بِنُوْرِ الْفَهْمِ، وَاَخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ، وَرْزُقْنَا فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ، وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ، وَاِلْهَامَ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَبِيْنَ
اللّٰهُمَ افْتَحْ لَنَا اَبْوَبَ حِكْمَتِكَ، وَانْشُرْ عَلَيْنَا رَحْمَتَكَ، يَاذَالْجَللَالِ وَالْاِكْرَامِ، وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِبِهِ وَسَلَّمَ
يَامَنْ هُوَ فِيْ عِزِّهِ لَطِيْفٌ - يَامَنْ هُوَ فِيْ لُطْفِهِ شَرِيْفٌ
يَامَنْ هُوَ فِيْ فِعْلِهِ حَمِيْدٌ - يَامَنْ هُوَ فِيْ ذَاتِهِ قَائِمٌ
يَامَنْ هُوَ فِيْ مَجْدِهِ مُنِيْرٌ - يَامَنْ هُوَ فِيْ عَطَائِهِ كَثِيْرٌ
اللّٰهُمَ اَكْرِمْنَا مِنْكَ بِنُوْرِ الْفَهْمِ، وَاَخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ، وَرْزُقْنَا فَهْمَ النَّبِيِّيْنَ، وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ، وَاِلْهَامَ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَبِيْنَ
اللّٰهُمَ افْتَحْ لَنَا اَبْوَبَ حِكْمَتِكَ، وَانْشُرْ عَلَيْنَا رَحْمَتَكَ، يَاذَالْجَللَالِ وَالْاِكْرَامِ، وَصَلَّى اللهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِبِهِ وَسَلَّمَ
Artinya :"Wahai Dzat yang kemuliannya amatlah nyata - Wahai Dzat yang ilmunya amatlah meliputi
Wahai Dzat yang karyanya amatlah terpuji - Wahai Dzat yang di dalam dzat-Nya Dia berdiri
Wahai Dzat yang keagungan-Nya amatlah memancar - Wahai Dzat yang pemberiannya amatlah banyak
Ya Allah mulikanlah kami dengan cahaya kefahaman, dan keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, berilah kami rizki kefahaman para nabi, hafalan para rosul, ilhamnya para malaikat muqorrobin
Ya Allah bukakanlah bagi kami pintu–pintu hikmah-Mu dan sebarkanlah bagi kami rahmat-Mu, Wahai Dzat yang Maha Agung dan Maha Memberi. Dan semoga Allah melimpahkan rohmat dan kesejahteraan kepada baginda Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya".
Penulis : Santri Sunan Drajat.
Amalan Yang Dilakukan di Malam Rabu Wekasan
Istilah "Rebo Wekasan" merupakan istilah dari orang-orang Jawa dulu dalam menyebut hari Rabu terakhir di Bulan Safar, Rebo artinya Hari Rabu, Wekasan artinya pungkasan atau akhir. Mengapa demikian ? karena Rebo Wekasan merupakan hari penting yang harus diingat dan dijaga dengan mengerjakan amalan tertentu.
Amalan di Malam Rebo Wekasan
Dalam sebuah riwayat, sebagian ahlul mukassyafin (orang-orang yang dibuka mata hatinya oleh Allah SWT sehingga mereka mampu melihat rahasia-rahasia yang tak diketahui orang biasa pada umumnya) menjelaskan bahwa Allah SWT menurunkan sebanyak 320.000 bala' di setiap tahunnya pada Hari Rabu terakhir di Bulan Safar. Untuk itulah hari Rabu itu disebut Hari Rebo Wekasan, hari Rabu terakhir di Bulan Safar yang mana turunlah banyak mara bahaya, petaka, penyakit, musibah, dan lain-lain.
Nah, untuk mencegah tertimba bala' tersebut, maka mereka telah melakukan proses eksperimen melalui beberapa amalan. Dan telah terbukti amalan berikut ini mampu mencegah tertimpanya bala' yang diturunkan Allah SWT pada Hari Rabu terkahir di Bulan Safar, bi'idznillah:
1. Melakukan sholat 4 rokaat (2 salaman)
Niat Sholat di Malam Rebo Wekasan
Para ulama' sendiri berbeda pendapat mengenai sholat apa yang harus
dilakukan pada Malam Rebo Wekasan. Namun, di sini kita tidak akan
membahas tentang seluk beluk perbedaan itu, hanya saja ada 2 macam
sholat yang bisa dilakukan, kita bisa memilih yang mana saja :Niat Sholat Lidaf'i Bala' (Sholat untuk menolak bala') :
اُصَلِّى سُنَّةً لِّدَفْعِ الْبَلَاءِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰى
"Aku sholat sunnah untuk mencegah bala', 2 rokaat karena Allah yang Maha Luhur"
atau Niat Sholat Hajat :
اُصَلِّى سُنَّةً الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالٰى
"Aku sholat hajat, 2 rokaat karena Allah yang Maha Luhur".
2. Setiap rakaat membaca :
- Surat Fatihah sebanyak 1 kali
- Surat Al-Kautsar sebanyak 17 kali
- Surat Al-Ikhlas sebanyak 5 kali
- Surat Al-Falaq sebanyak 1 kali
- Surat An-Nas sebanyak 1 kali
Jika sholat sendirian :
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ، اَللّٰهُمَّ يَاشَدِيْدَ الْقُوَى وَيَاشَدِيْدَ الْمِحَالِ يَاعَزِيْزُ يَامَنْ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ، اِكْفِنِيْ مِنْ شَرِّ جَمِيْعِ خَلْقِكَ، يَا مُحْسِنُ يَامُجَمِّلُ يَامُتَفَضِّلُ يَامُنْعِمُ يَامُتَكَرِّمُ يَامَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اَنْتَ، اِرْحَمْنِيْ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، اَللّٰهُمَّ بِسِرِّ الْحَسَنِ وَاَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَاَبِيْهِ وَاُمِّهِ وَبَنِيْهِ، اِكْفِنِيْ شَرَّ هٰذَا الْيَوْمِ وَمَا يُنْزَلُ فِيْهِ يَاكَافِيَ الْمُهِمَّاتِ يَادَافِعَ الْبَلِيَّاتِ، فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللّٰهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَحَسْبُنَا وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، وَصَلَّى اللّٰهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
"Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, wahai Dzat yang sangat kuat, wahai Dzat yang sangat merekadaya, wahai Dzat yang Maha Mulia, Wahai Dzat yang mana hinalah semua makhluk-Mu karena kemuliaan-Mu. Cukupkanlah aku (lindungi aku) dari keburukan semua makhluk-Mu, Wahai Dzat yang memberi kebaikan, wahai Dzat yang memberi kebajikan, wahai Dzat yang memberi anugerah, wahai Dzat yang memberi nikmat, wahai Dzat yang memberi kemuliaan, wahai Dzat yang mana tiada Tuhan selain Engkau, kasihanilah aku dengan rohmat-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang. Ya Allah, dengan berkah rahasia Hasan bin Ali, saudaranya (Husain bin Ali), kakeknya (Nabi SAW), ayahnya (Ali bin Abi Thalib), ibunya (Fatimah binti Rosulullah SAW), dan anak-anaknya (keturunannya), cukupkanlah aku (lindungi aku) dari keburukan hari ini (Hari Rabu terakhir Bulan Safar) dan apa yang diturunkan di dalamnya, wahai Dzat yang mencukupi kesusahan, wahai Dzat yang menolak bala'-bala'. Maka Allah memeliharamu dari mereka, Dia adalah Dzat yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui, Allah yang menjaga kita dan sebaik-baik Dzat yang dipasrahi, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah yang Maha Luhur lagi Maha Agung. Dan semoga Allah SWT melimpahkan rohmat ta'dhim dan kesejahteraan kepada Baginda Nabi Muhammad, keluarga, dan sahabatnya".
Jika sholat secara jama'ah :
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ، اَللّٰهُمَّ يَاشَدِيْدَ الْقُوَى وَيَاشَدِيْدَ الْمِحَالِ يَاعَزِيْزُ يَامَنْ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ، اِكْفِنَا مِنْ شَرِّ جَمِيْعِ خَلْقِكَ، يَا مُحْسِنُ يَامُجَمِّلُ يَامُتَفَضِّلُ يَامُنْعِمُ يَامُتَكَرِّمُ يَامَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اَنْتَ، اِرْحَمْنَا بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، اَللّٰهُمَّ بِسِرِّ الْحَسَنِ وَاَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَاَبِيْهِ وَاُمِّهِ وَبَنِيْهِ، اِكْفِنَا شَرَّ هٰذَا الْيَوْمِ وَمَا يُنْزَلُ فِيْهِ يَاكَافِيَ الْمُهِمَّاتِ يَادَافِعَ الْبَلِيَّاتِ، فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللّٰهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَحَسْبُنَا وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ، وَصَلَّى اللّٰهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
Waktu Melaksanakan Amalan Rebo Wekasan
Karena Rebo Wekasan adalah hari Rabu terakhir di Bulan Safar, maka amalan ini dilakukan pada Malam Rabu terakhir di Bulan Safar, biasanya setelah sholat Maghrib dan setelah sholat Isya'.
Fadhilah dan Keutamaan Amalan Rebo Wekasan
Jika amalan ini dilakukan, maka dengan kemuliaan-Nya, Allah SWT akan menjaga dari semua bala' yang diturunkan pada hari itu, tak ada satu bala' yang akan menimpanya sampai satu tahun yang akan datang.
Sumber amalan : Kitab Mujarrobat Ad-Dairobi Al-Kabir
Wallahu a'lam bis showab,
Doa Untuk Kedua Orang Tua
Mendoakan kedua orang tua adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh anak, baik kedua orang tua kita masih hidup ataupun sudah meninggal dunia kita wajib selalu mendo'akan mereka, doa yang kita panjatkan untuk mereka akan sampai kepada mereka sebagai bingkisan kecil dari seorang anak.
Lafadz Doa Untuk Kedua Orang Tua dan Terjemah
اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَرْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا
Alloohummagh firlii dzunuubii waliwalidayya warkhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro...
artinya: “Ya
Allah, ampunilah dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku,
sayangilah mereka sebagaimana mereka telah mendidikku (dengan penuh
kasih sayang) di waktu kecil”
Kedua
orang tua memiliki jasa yang amat sangat besar kepada kita, karena
mereka berdualah yang telah merawat dan mendidik kita dengan penuh kasih
sayang hingga sampai saat ini kita dapat berdiri dan tersenyum. Dan
tentu saja kita tidak akan bisa membalas dan menyamai kasih sayang kedua
orang tua terhadap kita.
Untuk kita masih diwajibkan berbuat baik kepada kedua orang tua, dengan berusaha membahagiakan mereka berdua, menyayagi mereka bedua, membalas perlakuan baik mereka berdua, peduli dan perhatian kepada mereka berdua, dan senantiasa mendoakan mereka berdua setiap hari.
Mendoakan kedua orang tua setiap hari sangat penting karena kita tidak bisa melebihi bahkan menyamai jasa yang telah mereka berikan untuk kita. Doa kedua orang tua adalah sebagai bentuk balasan baik atas apa yang telah mereka berikan untuk kita hingga saat ini.
Untuk kita masih diwajibkan berbuat baik kepada kedua orang tua, dengan berusaha membahagiakan mereka berdua, menyayagi mereka bedua, membalas perlakuan baik mereka berdua, peduli dan perhatian kepada mereka berdua, dan senantiasa mendoakan mereka berdua setiap hari.
Mendoakan kedua orang tua setiap hari sangat penting karena kita tidak bisa melebihi bahkan menyamai jasa yang telah mereka berikan untuk kita. Doa kedua orang tua adalah sebagai bentuk balasan baik atas apa yang telah mereka berikan untuk kita hingga saat ini.
Doa Sapu Jagat untuk kebaikan dunia dan akhirat
Doa sapu jagat adalah doa untuk meminta kebaikan di dunia dan di akhirat, berikut ini doa sapu jagat :
رَبَّنَا اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ
robbana atina fiddun-ya khasanataw wafil akhiroti khasanataw waqina ngadza bannar
Artinya :“Wahai Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan jagalah kami dari siksa neraka”
Agama islam mengajarkan agar kita berusaha sebaik mungkin untuk mencapai kebahagiaan baik di dunia dan di akhirat. Kebahagiaan di dunia saja belum cukup karena hakekat kehidupan sebenarnya adalah kehidupan akhirat nanti. Nah, selain berusaha, doa juga memiliki peran yang penting untuk menyongsong kehidupan Anda, karena doa juga merupakan bukti bahwa Anda benar-benar bergantung kepada Allah SWT.
Tujuan hidup di dunia adalah untuk mendapatkan kebahagiaan dan kebaikan baik di dunia maupun di akhirat. Tentu saja semua orang menginginkan hal ini, dan tidak ada satu pun yang menginginkan kesengsaraan, apalagi dalam kehidupan dunia.
Adapun doa yang sangat tepat untuk meminta kebaikan dan kebahagiaan di dunia dan di akhirat adalah doa yang sering dibaca sehari-hari, yaitu doa sapu jagat.
Doa sapu jagat ini adalah doa di mana Anda meminta bagian kebaikan bukan hanya di dunia saja tetapi juga di akhiratnya.
Jumat
Pengantar Sebelum Tafsir Surat Al-Fatihah
Pengantar Sebelum Tafsir Surat Al-Fatihah
Abu Bakar ibnul Anbari mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ismail ibnu
Ishaq Al-Qadi, telah menceritakan kepada kami Hajjaj ibnu Minhal, telah
menceritakan kepada kami Hammam, dari Qatadah yang pernah mengatakan bahwa
surat-surat yang diturunkan di Madinah ialah Al-Baqarah, Ali Imran, An-Nisa,
Al-Maidah, Baraah (At-Taubah), Ar-Ra'd, An-Nahl, Al-Hajj, An-Nur, Al-Ahzab,
Muhammad, Al-Fath, Al-Hujurat, Ar-Rahman, Al-Hadid, Al-Mujadilah, Al-Hasyr,
Al-Mumtahanah, Ash-Shaff, Al-Jumu'ah, Al-Munafiqun, At-Tagabun, dan At-Talaq
serta ayat: Hai Nabi, mengapa kamu mengharamkan apa yang Allah
menghalalkannya (At-Tahrim: 1), sampai dengan permulaan ayat yang kesepuluh,
juga surat Az-Zalza-lah dan An-Nasr. Semua surat yang disebut di atas diturunkan
di Madinah, sedangkan surat-surat lainnya diturunkan di Mekah.
Ayat Al-Qur'an seluruhnya berjumlah enam ribu ayat, kemudian selebihnya masih diperselisihkan oleh beberapa ulama. Di antara mereka ada yang mengatakan tidak lebih dari 6.000 ayat, ada pula yang mengatakan lebih dari 204 ayat. Menurut pendapat yang lain lebih dari 214 ayat, pendapat yang lainnya lagi mengatakan lebih dari 219 ayat. Pendapat lain mengatakan lebih dari 225 atau 226 ayat. Ada pula yang mengatakan lebih dari 236 ayat. Semuanya itu diketengahkan oleh Abu Amr Ad-Dani di dalam kitab Al-Bayan.
Jumlah kalimat Al-Qur'an menurut Al-Fadl ibnu Syazan, dari Ata ibnu Yasar, adalah 77.439 kalimat.
Jumlah semua huruf dalam Al-Qur'an menurut Abdullah ibnu Kasir, dari Mujahid, adalah 321.180 huruf. Sedangkan menurut Al-Fadl ibnu Ata ibnu Yasar adalah 323.015 huruf.
Salam Abu Muhammad Al-Hammani mengatakan bahwa Al-Hajjaj pernah mengumpulkan semua ahli qurra, para huffaz, dan penulis khat Al-Qur'an. lalu ia bertanya, "Ceritakanlah kepadaku tentang seluruh Al-Qur'an, berapakah jumlah hurufnya?" Al-Hammani melanjutkan kisahnya, "Lalu kami menghitungnya, dan akhirnya mereka sepakat bahwa di dalam Al-Qur'an terdapat 340.740 huruf." Kemudian Al-Hajjah bertanya, "Ceritakanlah kepadaku tentang pertengahan Al-Qur'an!" Setelah kami hitung, ternyata pertengahan Al-Qur'an jatuh pada huruf fa dari firman-Nya dalam surat Al-Kahfi, yaitu:
Sepertiga yang pertama dari Al-Qur'an jatuh pada permulaan ayat yang keseratus dari surat Al-Bara-ah (At-Taubah). sepertiga yang kedua jatuh pada permulaan ayat yang keseratus atau keseratus satu dari surat Asy-Syu'ara, sedangkan sepertiga yarg terakhir hingga sampai pada akhir dari Al-Qur'an (mushaf).
Sepertujuh yang pertama dari Al-Qur'an jatuh pada huruf dal dari firman-Nya:
Sepertujuh yang kedua jatuh pada huruf ta dari firman-Nya dalam su-rat Al-A'raf, yaitu:
Sepertujuh yang ketiga jatuh pada huruf alif yang kedua dari firman-Nya dalam surat Ar-Ra'd, yaitu:
Sepertujuh yang keempat jatuh sampai huruf alif dari firman-Nya dalam surat Al-Hajj', yaitu:
Sepertujuh yang kelima jatuh pada huruf ha dari firman-Nya dalam surat Al-Ahzab, yaitu:
Sepertujuh yang keenam sampai pada huruf wawu dari firman-Nya dalam surat Al-Fath, yaitu:
Sedangkan sepertujuh yang terakhir ialah sampai akhir dari Al-Qur'an.
Salam Abu Muhammad mengatakan. kami mempelajari semua itu dalam waktu empat bulan. Mereka mengatakan bahwa Al-Hajjaj setiap malamnya selalu membaca seperempat Al-Qur'an. Seperempat yang pertama sampai pada akhir surat Al-An'am, seperempat yang kedua sampai pada walyatalattaf 'dari surat Al-Kahfi, seperempat yang ketiga sampai pada akhir surat Az-Zumar, sedangkan seperempat yang terakhir sampai akhir Al-Qur'an. Akan tetapi, Syekh Abu Amr Ad-Dani di dalam kitab Al-Bayan meriwayatkan hal yang berbeda dengan semuanya itu.
Dengan adanya pembagian Al-Qur'an ke dalam istilah "hizb" dan "juz", maka dikenallah pembagian Al-Qur'an ke dalam tiga puluh juz, sebagaimana telah terkenal pula istilah "perempatan" di kalangan madrasah-madrasah dan lain-lainnya. Kami mengetengahkan dalam pembahasan yang lalu bahwa para sahabat pun telah melakukan pembagian ini terhadap Al-Qur'an. Di dalam kitab Musnad Imam Ahmad dan Sunan Abu Daud serta Ibnu Majah dan lain-lainnya disebutkan sebuah hadis dari Aus ibnu Huzaifah. bahwa ia pernah bertanya kepada sahabat-sahabat Rasul semasa Rasul Saw. masih hidup, "Bagaimanakah kalian membagi-bagi Al-Qur'an?" Mereka menjawab, "Sepertiga, seperlima, sepertujuh, sepersembilan, sepersebelas, dan sepertiga belas serta pembagian mufassal hingga khatam."
Ayat Al-Qur'an seluruhnya berjumlah enam ribu ayat, kemudian selebihnya masih diperselisihkan oleh beberapa ulama. Di antara mereka ada yang mengatakan tidak lebih dari 6.000 ayat, ada pula yang mengatakan lebih dari 204 ayat. Menurut pendapat yang lain lebih dari 214 ayat, pendapat yang lainnya lagi mengatakan lebih dari 219 ayat. Pendapat lain mengatakan lebih dari 225 atau 226 ayat. Ada pula yang mengatakan lebih dari 236 ayat. Semuanya itu diketengahkan oleh Abu Amr Ad-Dani di dalam kitab Al-Bayan.
Jumlah kalimat Al-Qur'an menurut Al-Fadl ibnu Syazan, dari Ata ibnu Yasar, adalah 77.439 kalimat.
Jumlah semua huruf dalam Al-Qur'an menurut Abdullah ibnu Kasir, dari Mujahid, adalah 321.180 huruf. Sedangkan menurut Al-Fadl ibnu Ata ibnu Yasar adalah 323.015 huruf.
Salam Abu Muhammad Al-Hammani mengatakan bahwa Al-Hajjaj pernah mengumpulkan semua ahli qurra, para huffaz, dan penulis khat Al-Qur'an. lalu ia bertanya, "Ceritakanlah kepadaku tentang seluruh Al-Qur'an, berapakah jumlah hurufnya?" Al-Hammani melanjutkan kisahnya, "Lalu kami menghitungnya, dan akhirnya mereka sepakat bahwa di dalam Al-Qur'an terdapat 340.740 huruf." Kemudian Al-Hajjah bertanya, "Ceritakanlah kepadaku tentang pertengahan Al-Qur'an!" Setelah kami hitung, ternyata pertengahan Al-Qur'an jatuh pada huruf fa dari firman-Nya dalam surat Al-Kahfi, yaitu:
وَلْيَتَلَطَّفْ
Dan hendaklah dia berlaku lemah lembut.... (Al-Kahfi: 19)Sepertiga yang pertama dari Al-Qur'an jatuh pada permulaan ayat yang keseratus dari surat Al-Bara-ah (At-Taubah). sepertiga yang kedua jatuh pada permulaan ayat yang keseratus atau keseratus satu dari surat Asy-Syu'ara, sedangkan sepertiga yarg terakhir hingga sampai pada akhir dari Al-Qur'an (mushaf).
Sepertujuh yang pertama dari Al-Qur'an jatuh pada huruf dal dari firman-Nya:
فَمِنْهُمْ
مَنْ آمَنَ بِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ صَدَّ
Maka di antara mereka (orang-orang yang dengki itu) ada orang-orang yang
beriman kepadanya. dan di antara mereka ada orang-orang yang menghalangi
(manusia) dari beriman kepadanya. (An-Nisa: 55)Sepertujuh yang kedua jatuh pada huruf ta dari firman-Nya dalam su-rat Al-A'raf, yaitu:
حَبِطَتْ
Sia-sialah amal perbuatan mereka. (Al-A'raf: 147)Sepertujuh yang ketiga jatuh pada huruf alif yang kedua dari firman-Nya dalam surat Ar-Ra'd, yaitu:
أُكُلُها
Buah-buahannya tiada henti-hentinya. (Ar-Ra'd: 35)Sepertujuh yang keempat jatuh sampai huruf alif dari firman-Nya dalam surat Al-Hajj', yaitu:
جَعَلْنا
مَنْسَكاً
Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan(kurban).
(Al-Hajj: 34)Sepertujuh yang kelima jatuh pada huruf ha dari firman-Nya dalam surat Al-Ahzab, yaitu:
وَما
كانَ لِمُؤْمِنٍ وَلا مُؤْمِنَةٍ
Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi
perempuan yang mukmin. (Al-Ahzab: 36)Sepertujuh yang keenam sampai pada huruf wawu dari firman-Nya dalam surat Al-Fath, yaitu:
الظَّانِّينَ
بِاللَّهِ ظَنَّ السَّوْءِ
yang mereka itu berprasangka buruk terhadap Allah. (Al-Fath: 6)Sedangkan sepertujuh yang terakhir ialah sampai akhir dari Al-Qur'an.
Salam Abu Muhammad mengatakan. kami mempelajari semua itu dalam waktu empat bulan. Mereka mengatakan bahwa Al-Hajjaj setiap malamnya selalu membaca seperempat Al-Qur'an. Seperempat yang pertama sampai pada akhir surat Al-An'am, seperempat yang kedua sampai pada walyatalattaf 'dari surat Al-Kahfi, seperempat yang ketiga sampai pada akhir surat Az-Zumar, sedangkan seperempat yang terakhir sampai akhir Al-Qur'an. Akan tetapi, Syekh Abu Amr Ad-Dani di dalam kitab Al-Bayan meriwayatkan hal yang berbeda dengan semuanya itu.
Dengan adanya pembagian Al-Qur'an ke dalam istilah "hizb" dan "juz", maka dikenallah pembagian Al-Qur'an ke dalam tiga puluh juz, sebagaimana telah terkenal pula istilah "perempatan" di kalangan madrasah-madrasah dan lain-lainnya. Kami mengetengahkan dalam pembahasan yang lalu bahwa para sahabat pun telah melakukan pembagian ini terhadap Al-Qur'an. Di dalam kitab Musnad Imam Ahmad dan Sunan Abu Daud serta Ibnu Majah dan lain-lainnya disebutkan sebuah hadis dari Aus ibnu Huzaifah. bahwa ia pernah bertanya kepada sahabat-sahabat Rasul semasa Rasul Saw. masih hidup, "Bagaimanakah kalian membagi-bagi Al-Qur'an?" Mereka menjawab, "Sepertiga, seperlima, sepertujuh, sepersembilan, sepersebelas, dan sepertiga belas serta pembagian mufassal hingga khatam."
Langganan:
Postingan (Atom)
Demokrasi Pancasila Berdasarkan Agama dan Relevansinya terhadap Perilaku Sosial
Demokrasi Pancasila Berdasarkan Agama dan Relevansinya terhadap Perilaku Sosial BAB I PENDAHULUAN Demokrasi Pancasila bukan...
-
Khasiat ilmu kebatinan sakti huruf hanacaraka dibalik : nga ta ba ga ma = tidak ada kematian | nya ya ja da pa = tidak ada kesaktian...
-
Amalan Caraka Balik / Amalan Ilmu Carakan Walik / Honocoroko Di Balik Sungguh kekayaan bangsa yang luar biasa, diantaranya adalah ber...
-
TIJI TIBEH ( Mukti Siji Mukti Kabeh one for all ).....dalam langkah Tri Dharma : Mulat Sarira Hangrasa Wani, Rumangsa Melu Handarbeni, W...