Nurul Hikmah barat VS Nurul Hikmah timur

di jogjakarta, jawa tengah, jawa timur dan madura juga berkembang ilmu nurul hikmah (penulis namakan nurul hikmah timur) tetapi tidak sepopuler nurul hikmah barat(cirebon,jawa barat,jakarta, banten) karena nurul hikmah timur berkembang hanya dilingkungan pesantren dan dirahasiakan sedang nurul hikmah di barat berkembang dengan wadah perguruan yang bisa diikuti semua kalangan masyarakat serta ditopang dengan teknologi informasi ibukota yang lebih maju.
masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan serta memiliki cirikhas tersendiri.
apabila keduanga digabung, WOW adakah yang sudah tahu????
Ketika ada ulasan atau artikel mengenai NURUL HIKMAH tentu akan meninggalkan pertanyaan sebelah pihak.
misal ada penghayat Nurul Hikmah barat memaparkan teknik kedut perut serta amalannya tentu para penghayat nurul hikmah timur akan plenggang-plenggong tidak mengerti. sebaliknya juga misal ada penghayat Nurul Hikmah timur memaparkan teknik nafas oplos perajahan tentu para penghayat NH barat akan menolak dan berkata” nurul hikmah kok kayak gitu, itu bukan nurul hikmah”.
dan masing-masing akan merasa Nurul Hikmahnyalah yang paling benar,
begitulah kalau kita hanya belajar dari satu sumber saja.
melalui tulisan ini dan pada kesempatan ini penulis mencoba mengkomparasikan kedua NURUL HIKMAH semoga menambah cakrawala para penghayat nurul hikmah kedua belah pihak dan para pembaca yang budiman semuanya.
berikut tabel komparasi dari berbagai sudut pandang:
sudut pandang NH barat NH Timur
Lambang nurulhikmah NURUL HIKMAH
Teknik kedut perut & kejang tangan nafas oplos & riyadhoh
Pembuka jalan bai’at / penggoresan
oleh perawat(mursyid)
pentalqinan
Amalan kunci 9, derga balik,
QUN kata allah, dll
Hizib, Asma NH, sunge rajeh,suryani,wali songo,jamas,dll
guru perawat dan mursyid mujiz dan massyaikh
dengan tabel diatas mudah-mudahan dapat difahami karakteristik masing-masing Nurul Hikmah.
lihat pada tabel diatas pada sudut pandang amalan bagian NH timur, disana ada amalan asmak sungai rajeh(ASR) dimana ilmu ini lagi ngetrend-ngetrendnya saat ini sampai-sampai banyak penawaran dan iklan jasa pegijazahan dimana-mana mulai dari yang gratisan sampai berbayar jutaan.
penulis haqul yakin mereka yang mempelajarinya(ASR) selain anggota NH Timur akan gagal 99,99% mengapa dan ada apa dibalik ASR? insya’allah penulis bahas dilain kesempatan.

0 comments:

Luncurkan toko Anda hanya dalam 4 detik dengan 
 
Top